Kapal speedboat kapal penangkap ikan speedboat penumpang yang digunakan sebagai kapal yang melindungi sektor sumber daya kelautan dan juga perikanan. Kapal pengawas ini adalah penegak hukum di wilayah laut pada bidang perikanan. Di dalam melakukan kegiatan pengawasan, berkoordinasi dengan TNI AL (Angkatan Laut), Bakorkamla, dan juga Polair. Kapal pengawas perikanan ada di dalam lingkup dari Ditjen PSDKP naungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di dalam melaksanakan tugas, kapal (pengawas perikanan) bisa memeriksa www.marathon-marine.com, menghentikan, membawa, dan juga menahan kapal-kapal yang dicurigai melakukan pelanggaran aturan ke pelabuhan paling dekat guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kapal speedboat penangkap ikan penumpang patroli

Dalam dunia pelayaran kapal pengawas ini sering dikenal dengan istilah kapal putih, hal tersebut terjadi dikarenakan kapal itu memiliki warna yang dominan putih, mengingat warna kapal yang berwarna abu-abu ataupun kamuflase hanya diperbolehkan untuk kapal-kapal militer saja.

Kapal pengawas perikanan ialah kapal milik pemerintah yang diberikan tanda tertentu guna melaksanakan pengawasan dan juga penegakan hukum pada bidang perikanan di dalam wilayah pengelolaan perikanan Negara Indonesia.

Dalam melakukan kegiatan pengawasan kapal perikanan dilakukan di wilayah-wilayah pengelolaan perikanan negara Indonesia, pelabuhan perikanan maupun pelabuhan bukan pelabuhan perikanan, pangkalan pendaratan ikan, pelabuhan umum yang telah ditetapkan menjadi pelabuhan pangkalan, dan juga sentra kegiatan para nelayan.

Walaupun ada dari tahun 2003 yang lalu akan tetapi perkembangan dari kapal (pengawas perikanan) di negara Indonesia masih dinilai sangat kurang dikarenakan wilayah pengelolaan perikanan yang berada di Indonesia begitu luas.

Sekarang ini negara Indonesia hanya mempunyai 27 kapal (pengawas perikanan) saja yang tersebar pada berbagai daerah-daerah di Indonesia, diantaranya :

  1. Stasiun PSDKP Belawan : yang berpusat di Belawan Medan.
  2. Pangkalan PSDKP Jakarta : yang berpusat di Muara Baru Jakarta.
  3. Stasiun PSDKP Pontianak : yang berpusat di Sungai Rengas, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat.
  4. Pangkalan PSDKP Bitung : yang berpusat d Bitung, Sulawesi Utara.
  5. Stasiun PSDKP Tual : yang berpusat di Tual, Maluku.

Di beberapa negara yang lain juga ada kapal-kapal (kapal pengawas perikanan), seperti di Negara Jepang, China, dan Juga Vietnam.

 META

Judul : Kapal Pengawas Perikanan.

Deskripsi : Kapal pengawas perikanan ialah kapal yang digunakan sebagai kapal yang melindungi sektor sumber daya kelautan dan juga perikanan. Berikut informasinya.

Keyword : Kapal Pengawas.