Kapal patroli perahu fiber speed boat polisi sebagai armada pelayaran rakyat yang menghubungkan beberapa pulau kecil di semua wilayah Nusantara akan semakin diperkuat. Kementerian Perhubungan memiliki www.marathon-marine.com sebuah rencana menyediakan 100 buah kapal kecil guna melayani rute pelayaran rakyat di daerah-daerah kepulauan.

Menhub berkata, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada tahun ini akan menyediakan anggaran sebesar 200 miliar rupiah guna menyediakan 100 kapal kecil (kayu) yang memiliki ukuran 35 gros ton (GT). Kapal tersebut dirancang supaya mampu mengangkut muatan sekitar 40 penumpang dan juga barang dengan berat mencapai 10 ton.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan  berujar, jika kapal seperti itu yang dibutuhkan oleh para masyarakat guna sarana perhubungan antar wilayah. Jika kapalnya terlalu besar, maka justru tidak optimal operasionalnya dikarenakan volume angkutan yang dilayani juga tidak besar. Dengan adanya kapal kecil tersebut, frekuensi layanan pelayaran akan mampu lebih sering menjangkau pulau kecil dan juga yang terpencil.

Budi kembali menjelaskan, jika kapal kecil tersebut akan menjadi prioritas untuk provinsi yang memiliki wilayah kepulauan, diantaranya seperti Maluku, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, dan juga Kepulauan Riau.

Daerah-daerah tersebut akan mendapatkan 10 kapal kecil, dan untuk daerah lainnya jumlahnya akan disesuaikan lagi.

Budi  juga akan menyiapkan sebuah rencana subsidi dari pemerintahan guna membantu pelayaran rakyat, khususnya untuk pelayaran yang melayani rute pulau yang sangat sulit untuk dijangkau dan juga sepi penduduk.

Akan tetapi skema subsidi tersebut masih akan dibahas kembali lebih jauhnya. Budi juga mengatakan bahwa sudah menyiapkan dan sekitar 50 miliar rupiah untuk sebuah rencana subsidi tersebut pada tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, Tonny Budiono menambahkan jika pihaknya masih melakukan penyusunan perencanaan untuk proses pengadaan seratus kapal itu. Akan tetap, pada tahun ini pengadaan tersebut dijadwalkan akan selesai, sehingga kapal-kapal itu bisa secepatnya dioperasikan.

Jadi semoga rencana ini berjalan lancar sehingga bisa mengatasi frekuensi pelayaran yang dahulunya tidak menentu jadi bisa terjadwal dengan baik dan juga dapat membatu masyarakat-masyarakat yang memang membutuhkannya. Kementerian Perhubungan memiliki sebuah rencana menyediakan 100 buah kapal kecil guna melayani rute pelayaran rakyat di daerah-daerah kepulauan.